Ayam Diserang Penyakit Puyang

Ayam Diserang Penyakit Puyang

\"Kandang\"AMEN, BE - Belasan ayam milik warga di Desa Talang Bunut Kecamatan Amen Selasa (5/3) kemarin mati mendadak. Tentunya hal tersebut membuat warga panik dan heboh. Jasman (42),  pemilik ayam yang mati, mengaku ayam miliknya yang sudah berumur lebih kurang satu tahun itu mati secara serentak di dalam kandang dengan kondisi sedikit kebiruan.

\"Awalnya sekitar jam 06.00 WIB pagi tadi (kemarin-red) saya hendak melepas dan memberi makan ayam. Tetapi saya terkejut karena 12 ekor ayam saya yang berada dalam satu kandang itu mati mendadak. Saya takut jangan-jangan ayam saya terkena flu burung, sehingga saya langsung melaporkan ke Kepala Desa Talang Bunut,\" jelas Jasman.

Setelah melaporkan kepada kades, Jasman diminta untuk tidak membuang ayam-ayam yang mati tersebut karena akan dilaporkan ke Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Lebong untuk memastikan penyebab kematian tersebut. \"Setelah pak kades melaporkan ke Pihak Dinas Peternakan, langsung beberapa orang dari dinas datang ke sini. Setelah dites, katanya bukan flu burung, tapi karena penyakit lain. kalau kata orang sini (Rejang-red), penyakit puyang,\" lanjut Jasman.

Dikatakan jasman, kejadian tersebut merupakan hal yag pertama kali terjadi di Desa Talang Bunut tersebut. Sehingga dengan adanya kejadian tersebut sempat membuat warga panik karena khawatir ayam tersebut terjangkit flu burung. \"Tapi Alhamdulillah setelah diperiksa ayam saya tidak terkena flu burung, setelah diperiksa ayam langsung saya buang,\" kata Jasman.

Terpisah, Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Lebong, Sumiati SP yang dikonfirmasi wartawan membenarkan adanya laoran tersebut dari masyarakat. \"Iya ada laporan, dan kita juga langsung turun ke lapangan untuk mengecek ayam yang mati mendadak tersebut. Dari pengecekan alat flu burung menyatakan negatif. Dari cirri-cirinya ayam milik warga tersebut mati karena diserang penyakit ND,\" ujar Sumiati.(***)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: